home Lifestyle Ingin Mengolah Daging Qurban? Berikut Tips yang Harus Anda Ikuti

Ingin Mengolah Daging Qurban? Berikut Tips yang Harus Anda Ikuti

Daging merupakan salah satu produk asal hewan yang akan dikonsumsi saat qurban tiba. Umumnya hewan yang akan digunakan yaitu kambing, domba, sapi atau unta. Daging yang dihasilkan nanti akan diberikan kepada orang yang membutuhkan. Saat Anda menerima daging sapi qurban, beberapa tips saat mengolah dagingnya. Berikut informasinya.

  1. Pisahkan Daging dengan Jeroan

Daging merupakan produk hewani yang mudah terkena penyakit. Daging mentah masih memiliki kandungan darah yang bisa menjadi sumber penyakit. Jeroan pada hewan juga sebagai sumber penyakit. Sebaiknya pisahkan daging mentah dan daging yang sudah dimasak agar tidak terjadi perpindahan penyakit.

  1. Olah Daging Secepatnya

Daging hasil dari qurban usahakan langsung Anda olah untuk dikonsumsi. Apabila ingin disimpan tempatkan dalam wadah yang bersih dan simpan dalam kulkas dengan suhu sekitar 4 derajat atau pada freezer sekitar -18 derajat. Jangan biarkan daging pada tempat terbuka lebih dari 4 jam karena akan menjadi tempat tumbuhnya mikroorganisme berbahaya.

Ingin Mengolah Daging Qurban

  1. Proses Pembekuan Daging

Apabila Anda ingin membekukan daging, potong dalam ukuran kecil daging yang Anda miliki sesuai kebutuhan, lalu simpan pada kemasan tertutup yang bersih. Berikan catatan kecil waktu pembelian daging sebelum dimasukkan kulkas atau freezer. Catatan ini bertujuan agar tidak lupa waktu pembelian dan menghindari Anda memakan daging yang sudah terlalu lama pada kulkas.

  1. Daging Beku Tidak Boleh Dicairkan Kembali

Proses pembekuan dari daging biasa ke bentuk daging beku hanya boleh dilakukan satu kal. Tidak berlaku untuk proses yang kedua kali. Daging yang telah dicairkan termasuk daging yang tidak segar dan sangat berpotensi memudahkan mikroorganisme berkembang. Segera olah daging beku yang telah Anda cairkan dan konsumsi.

  1. Menjaga Kebersihan Tubuh dan Lingkungan

Selalu utamakan kebersihan setiap kegiatan Anda. Cuci tangan sebelum mengolah daging hewan qurban dan bersihkan kembali setelah menangani, mempersiapkan, mengolah dan memasak daging. Gunakan pakaian yang bersih dan bebas dari penyakit. Hindari penggunaan parfum atau pewangi lainnya saat memasak agar tidak terkontaminasi ke daging yang Anda olah.

  1. Jaga Luka pada Tubuh Anda

Luka pada tubuh menjadi tempat bakteri atau virus. Hal ini bisa menyebar kepada daging qurban milik Anda. Jauhkan kontak luka dengan daging, apabila luka pada tangan tutuplah dengan plester kedap air yang mencegah bakteri masuk atau keluar dari tubuh. Waspadai segala kemungkinan tempat menyebarnya bakteri ke daging qurban Anda.

  1. Jangan Memasak Apabila Tidak Sehat

Tubuh yang sakit mengandung bakteri atau virus. Penyakit pada tubuh Anda bisa mencemari makanan olahan Anda. Tentu penyakit ini bisa terbawa ke orang lain apabila makanannya terkontaminasi dikonsumsi oleh orang tersebut. Hindari bersin atau batuk saat di depan daging. Gunakan alat seperti masker untuk mencegah hal itu.

  1. Gunakan Talenan dari Bahan Acrilic

Talenan yang berbahan kayu memudahkan bakteri untuk lebih lama berada di sana. Bahan alami kayu yang membuat mikroorganisme sulit dibersihkan. Jika memungkinkan, gunakan talenan daging dari bahan acrylic atau plastik yang aman untuk makanan. Gunakan peralatan yang bersih dan cucilah semua peralatan setelah digunakan.

Tips ini bisa Anda gunakan saat memperoleh daging sapi qurban. Daging yang Anda konsumsi tentu harus membawa manfaat baik untuk tubuh Anda. Menurut surat Al-Baqarah ayat 168 juga menyebutkan manusia harus makan makanan yang baik dari hasil bumi dan tidak mengikuti langkah syaitan, sesungguhnya setan adalah musuh bagi umat muslim. Selamat berqurban!

Like and Share ya 🙂

shares