home Lifestyle Perbedaan 100% Cutton Combed dan Cutton Carded yang Wajib Anda Tahu

Perbedaan 100% Cutton Combed dan Cutton Carded yang Wajib Anda Tahu

Anda pernah mendengar cutton combed dan cutton carded? Di antara banyaknya bahan yang bisa dibuat pakaian, kedua jenis bahan dari serat kapas alam inilah yang paling digemari konsumen. Berbagai agen yang jual kaos polos pun menerapkan banyak baju atau kaos dari kedua bahan ini. Lantas, apa perbedaan dari keduanya? Simak dalam informasi berikut.

Kondisinya Setelah Dicuci

Perbedaan pertama dan yang paling bisa diketahui setelah satu atau beberapa kali proses pencucian. Jika bahan 100% cutton combed tidak akan menyusut saat dicuci, maka 100% cutton carded cenderung menyusut.

Sebagian besar agen yang jual kaos polos atau pakaian jadi lainnya biasanya menawarkan kedua jenis kaos ini. Karena, jumlah konsumen yang menyukai kedua jenis bahan pakaian ini cenderung seimbang.

Tekstur Serat Penyusunnya

Perbedaan berikutnya bisa dilihat dari tekstur serat penyusunnya. Jika Anda pernah beli kaos dari bahan cutton combed dan cutton carded di agen yang jual kaos polos, Anda tentu memperhatikan tekstur luarnya dulu sebelum memutuskan untuk membeli.

Nah, untuk cutton combed, tekstur lebih lembut dari cutton carded. Hal ini dikarenakan serat benang penyusunnya lebih halus. Selain itu, tekstur kainnya juga tidak berbulu, lebih kuat, dan tidak mudah robek. Kelebihan-kelebihan ini tidak akan Anda dapati pada cutton carded.

Ketebalan dan Kerataan Benangnya

Masih berhubungan dengan perbedaan sebelumnya, kaos atau baju polos yang dibuat dari bahan cutton combed biasanya lebih tipis. Meski demikian, kekuatannya melebihi cutton carded. Hal ini didukung oleh ketebalan dan kerataan benangnya yang bervariasi. Berbeda dengan cutton carded, cutton combed juga memiliki kelebihan dalam hal kerataan benangnya.

Cutton combed memilki kerataan yang sangat baik karena jarang didapati sambungan serat kapas. Selain itu, ketebalan benangnya pun lebih bevariasi. Jika cutton combed ada ukuran 20s, 24s, 30s, dan 40s, maka cutton carded yang didapati pada berbagai jenis konveksi atau pakaian jadi umumnya 20s, 24s, dan 30s saja.

Kualitas Bahannya

Perbedaan terakhir yaitu dari kualitas bahannya. Masih berkaitan dengan ketebalan benang yang digunakan, semakin tinggi angkanya, maka semakin tipis dan bagus kualitasnya. Nah, kelebihan ini bisa Anda dapati pada ukuran 40s yang lebih sering dijumpai pada cutton combed.

Selain itu, ukuran yang sama juga tidak mencerminkan kualitas bahan yang sama. Jadi, untuk kaos polos ukuran 30s dari bahan cutton combed, rasanya mungkin nyaman dipakai ke manas saja. Tapi untuk ukuran 30s dari bahan cutton carded, Anda akan merasa sedikit kurang nyaman akibat bahannya yang cenderung berbulu dan lebih berat.

Meski kedua jenis bahan katun tersebut berbeda, tapi perbedaannya tidak terlalu kentara mengingat sama-sama dibuat dari serat kapas alami. Jadi, saat dipakai, keduanya tidak panasa dan nyaman karena bisa menyerap keringat. Pada laman polos.co.id juga Anda bisa menemukan berbagai fashion pakaian yang dibuat dari kedua bahan katun berkualitas ini.

Like and Share ya 🙂

shares