home Editor Pick, Lifestyle Perkembangan Janin Usia Hamil 6 Minggu

Perkembangan Janin Usia Hamil 6 Minggu

Pada usia hamil 6 minggu, ada banyak sekali perkembangan yang terjadi pada janin. Sebagai seorang calon ibu, tentunya anda merasa penasaran dengan apa yang terjadi pada sanga jabang bayi. Masa-masa trimester pertama kehamilan memang menjadi suatu masa yang penting. Dibutuhkan peranan ibu untuk mengkonsumsi makanan dan menjaga mood agar tetap stabil. Semuanya berhubungan dengan tumbuh kembang janin yang perlu dijaga. Pada usia 6 minggu ini ibu juga harus berhati-hati dalam menjaga kesehatan. Sebelum memasuki usia 5 bulan, bayi masih sangat sensitif dan rentan akan terjadinya keguguran. Untuk anda para calon ibu dan ayah, berikut ini adalah beberapa hal mengenai janin di usia hamil 6 minggu yang perlu diketahui.

Janin di Usia 6 Minggu

Pada usia hamil 6 minggu, janin sudah berukuran sekitar 3 mm alias menyerupai biji kacang. Meskipun masih sangat kecil tetapi detak jantung pada janin sudah mulai berdetak hingga 150 detak per menit. Detak jantung janin di usia hamil 6 minggu bahkan lebih keras dari detak jantung manusia dewasa. Kalau anda mengunjungi dokter kandungan, mintalah untuk mendengarkan detak jantung janin anda pada alat pendengar detak jantung bayi. Selain jantung yang mulai berdetak, pada masa ini juga wajah janin mulai terbentuk. Hal ini dapat terlihat dari bintik hitam yang terdapat pada kepala bayi. Bintik hitam inilah yang menjadi cikal bakal dari wajah bayi anda.

Perkembangan janin di usia hamil 6 minggu memang sangat luar biasa. Sistem-sistem jaringan dalam tubuh sudah mulai terbentuk. Bentuk janin juga mengalami perubahan menyerupai bentuk bulan sabit atau berudu yang memiliki ekor pada bagian belakangnya. Bagian kepala akan menjadi lebih besar dibandingkan bagian badan. Meskupun terbilang kecil dan belum sempurna, kesempurnaan perkembangan dalam umur janin 6 minggu ini akan sangat menentukan pertumbuhan bayi ke depannya. Karena pada masa-masa hamil 6 minggu ini janin memang mengalami perkembangan yang cukup pesat.

Pada usia hamil 6 minggu ini janin yang masih berbentuk embrio ini akan mengalami perkembangan otak. Cikal bakal alat vital manusia ini mulai jelas terlihat secara transparan. Karena kulit janin pada masa ini masih transparan dan tipis. Sistem-sistem syaraf pada janin di bagian otak mulai tersusun dan tumbuh setiap waktu. Organ tubuh utama pada janin juga berkembang pada usia hamil 6 minggu ini. Bukan hanya sistem-sistem syaraf saja yang terbentuk tetapi juga organ-organ tubuh utama seperti jantung, hati, paru-paru, dan juga ginjal. Organ-organ penting tersebut mengalami perkembangan yang pesar. Tetapi masih belum bisa berfungsi dan hanya berupa jaringan saja.

Tentunya bukan hanya janin yang mengalami perubahan pada usia hamil 6 minggu. Pada usia kandungan yang menginjak 1,5 bulan ini, sebagian wanita sudah mulai mengalami perubahan pada perut. Tetapi karena perkembangan janin dan rahim belum terlalu signifikan, maka perubahan fisik pada perut juga belum terliaht jelas. Ibu umumnya akan mengalami peningkatan hormon seperti estrogen, progresteron, dan hCG, dan HPL. Di masa-masa ini juga ibu akan mengalami mual-mual atau yang dikenal juga sebagai morning sickness. Dari segi psikologi, ibu akan merasa lebih sensitif dan mudah marah. Tidak jarang ibu hamil juga menjadi lebih manja. Tetapi jangan sampai perubahan yang terjadi pada diri ibu ini menganggu kesehatan janin dalam kandungan. Demikianlah sedikit informasi mengenai usia hamil 6 minggu.

Like and Share ya 🙂

shares