home Others Ragam Asuransi Jiwa

Ragam Asuransi Jiwa

Ketika Anda sadar betapa pentingnya asuransi jiwa untuk Anda dan keluarga, maka Anda pun berniat untuk mendaftarkan diri. Nah, perlu Anda ketahui, asuransi jiwa ini juga ada banyak macamnya, lho! jangan sampai Anda salah memilih sehingga manfaat yang diperoleh juga tidak akan bisa maksimal. Asuransi jiwa dibagi menjadi 4 macam. Masing-masing memiliki ciri, keuntungan, dan kekurangannya masing-masing. Penjelasan di bawah ini adalah ragam asuransi jiwa yang dapat anda pelajari sehingga anda dapat menyesuaikannya sesuai dengan kebutuhan Anda.

Asuransi Jiwa Seumur Hidup

Pertama, Ada yang namanya asuransi jiwa seumur hidup. Asuransi ini cocok untuk Anda yang menginginkan perlindungan seumur hidup sekaligus tabungan jangka panjang. Jumlah nominal yang akan Anda dapatkan lebih besar dari hanya sekedar santunan untuk kematian. Asuransi jenis ini menarik karena jika Anda sebagai tertanggung tidak melakukan klaim, maka preminya tidak akan hangus. Tidak sedikit orang yang memilih asuransi ini karena alasan tersebut sehingga tidak merasa dirugikan dengan hilangnya premi. Alasan inilah yang membuat harga premi nya lebih mahal dari asuransi jiwa jenis lainnya. Meskipun namanya seumur hidup, tapi pada umumnya perusahaan asuransi hanya memberikan batasan maksimal hingga 100 tahun saja. Untuk asuransi ini, Anda bisa mencoba Asuransi Jiwa Whole Life dari DBS.

Asuransi Jiwa Berjangka

Selain itu ada lagi yang disebut asuransi jiwa berjangka. Berbeda dengan asuransi seumur hidup, asuransi jenis ini hanya menawarkan perlindungan hingga batas waktu tertentu saja. Pilihannya ada yang 10 tahun, 15 tahun, hingga 20 tahun. Jika memilih asuransi jenis ini, Anda bebas menentukan besarnya polis sesuai dengan kemampuan finansial Anda. Namun kelemahannya adalah kebalikan dari asuransi jiwa seumur hidup, di mana tertanggung akan kehilangan premi jika tidak melakukan klaim. Hal ini terjadi jika yang bersangkutan tidak mengalami sakit atau meninggal dunia hingga jatuh tempo perjanjian berakhir. Bisa jadi ini yang menyebabkan biaya premi setiap bulannya lebih murah daripada asuransi jiwa seumur hidup. Sebelum memilih asuransi ini, sebaiknya pertimbangkan baik-baik, apalagi jika Anda tidak memiliki riwayat penyakit.

Asuransi Jiwa Dwiguna

Asuransi Jiwa Dwiguna

Asuransi adalah upaya melindungi finansial Anda secara fleksibel. Manfaat ini bisa Anda dapatkan ketika memilih asuransi jiwa dwiguna. Jika kedua asuransi di atas hanya akan keluar polisnya jika tertanggung mengalami kematian, sakit, maupun ketika kontrak berakhir, maka asuransi jiwa dwiguna lebih fleksibel. Seperti namanya, asuransi ini tak hanya berfungsi sebagai perlindungan, tapi juga tabungan. Selain tertanggung akan mendapatkan uang santunannya ketika meninggal dunia, tertanggung pun juga dapat mengambil uang tabungannya sewaktu-waktu bahkan sebelum kontrak berakhir. Hal ini tentunya sangat bermanfaat ketika Anda membutuhkan dana darurat, misalnya ingin membeli rumah atau untuk biaya pendidikan anak. Karena manfaatnya yang menarik ini, tak heran jika biaya preminya juga lebih mahal bahkan lebih mahal daripada dua asuransi sebelumnya.

Asuransi Unit Link

Terakhir, adalah asuransi unit-link. Tak hanya menawarkan perlindungan finansial ketika terjadi kematian, Anda juga berinvestasi melalui asuransi ini. Asuransi jenis ini cocok untuk Anda yang ingin berinvestasi di masa depan sekaligus melindungi kondisi finansial ketika terjadi kematian. Asuransi jenis ini belakangan banyak ditawarkan oleh para perusahaan asuransi karena saat ini memang kegiatan investasi semakin diminati oleh masyarakat. namun ada satu kelemahan dari asuransi yang satu ini, bahwa keuntungan investasi yang dijanjikan tidak begitu besar jika dibandingkan investasi umum lainnya. Oleh sebab itu, pertimbangkan kembali apa tujuan utama Anda. Jika investasi tidak menjadi tujuan utama Anda, maka boleh saja memilih asuransi ini namun bila Anda menginginkan keuntungan yang lebih besar, sebaiknya memakai investasi lainnya.

Masing-masing asuransi jiwa memiliki kekurangan dan kelebihan. Oleh sebab itu agar tidak salah pilih, sebaiknya Anda pahami betul masing-masing risikonya dan sesuaikan dengan keperluan Anda. ada baiknya Anda juga mengonsultasikannya dengan orang yang berpengalaman misalnya teman yang sudah memakai produk asuransi. Tanyakan dengan detil. Karena asuransi ini adalah aktivitas yang dilakukan untuk jangka waktu yang lama, jangan sampai Anda salah pilih sehingga hasil yang diperoleh kurang maksimal dan justru akan membuat kecewa.

Like and Share ya 🙂

shares