home Kesehatan 6 Cara Menaikkan Trombosit dengan Cepat Tanpa Efek Samping

6 Cara Menaikkan Trombosit dengan Cepat Tanpa Efek Samping

Baik untuk anak-anak maupun orang dewasa, kadar trombosit yang normal selalu dibutuhkan. Soalnya memiliki peranan sangat penting dalam proses pembekuan darah normal. Jika kadarnya rendah, maka perlu sekali menerapkan cara menaikkan trombosit dengan cepat agar efeknya tidak menyebar luas. Berikut cara terbaik tanpa efek samping.

  1. Mengonsumsi Buah Jambu Merah Segar

Kenapa haru segar? Sebab, kadar nutrisi alaminya masih begitu terjaga. Apabila sudah dipetik dan dibiarkan dalam waktu lama, kemungkinan mengalami reduksi nutrisi. Biar lebih efektif, sajikan jambu merah tersebut dalam bentuk jus. Boleh Anda tambahkan dengan buah lain agar lebih variatif dan menggugah selera.

  1. Air Putih Hangat

Untuk menghindari penggumpalan darah, perlu sering-sering minum air hangat. Sebaiknya hindari minum air dingin. Cara ini cukup efektif untuk meningkatkan trombosit agar normal kembali. Trombosit bisa dikatakan normal ketika kadarnya antara 150.000 sampai dengan 450.000 per mikro liter darah. Anda bisa cek lewat dokter ahli untuk memastikannya.

  1. Kismis plus Madu

Selain enak, makanan ini juga ampuh untuk menaikkan trombosit. Tiap kali santap, konsumsi sekitar 10-15 kismis yang sudah Anda campur dengan madu. Bila ingin menggunakan susu hangat juga bagus. Alangkah bagusnya lagi jika dimakan sebelum sarapan pagi. Dalam kurun waktu 2 pekan saja, kadar trombosit Anda akan kembali normal.

  1. Sayuran Hijau Bervitamin K

Adanya vitamin K sangat mujarab untuk menaikkan kadar trombosit tanpa efek samping. Cara menaikkan trombosit dengan cepat ini bisa dengan mudah Anda terapkan. Sebab, sayuran seperti sawi, kangkung, selada, kubis, serta brokoli sangat mudah didapatkan di pasar. Baik pasar tradisional maupun pasar modern.

  1. Kombinasi antara Pepaya dengan Jus Daun Pepaya

Pahit memang. Tapi hampir semua obat itu tidak enak. Jikalau enak, pasti ada tambahannya. Nah, biar jus daun pepayanya tidak terlalu pahit, kombinasikan saja dengan pepaya yang sudah matang. Sebab, pepaya sangat baik untuk meningkatkan kadar trombosit dalam tubuh. Efeknya bisa Anda rasakan setelah beberapa pekan setelah konsumsi.

  1. Makan Ikan

Seseorang yang kadar trombositnya kurang dari 10.000, biasanya akan sulit sembuh saat terluka. Padahal masih harus beraktivitas atau bekerja. Bagi anak-anak, tentu sangat mengkhawatirkan karena mereka kehilangan kesempatan atau waktu untuk bermain. Kenapa mesti makan ikan untuk meningkatkan kadar trombosit?

Ikan sudah lama ditemukan memiliki kandungan omega-3 atau asam lemak yang baik untuk tubuh. Tidak seperti lemak jenuh yang bisa menimbulkan penyakit. Bila tidak ada ikan, boleh Anda gunakan minyak ikan yang terjual bebas di toko, pasar, maupun apotek. Semakin sering mengonsumsinya, maka semakin kebal tubuhnya.

Dengan memiliki ketahanan tubuh terhadap penyakit, maka Anda pun lebih leluasa untuk beraktivitas. Begitu pula untuk si kecil. Sebab, si kecil cenderung rentan terkena penyakit. Untuk mendampingi penerapan cara menaikkan trombosit dengan cepat seperti di atas, silakan penuhi beragam kebutuhan lainnya untuk si kecil lewat Orami.

Like and Share ya 🙂

shares