home Traveling Berbagai Fasilitas Publik di Pantai Pangandaran Terbaru

Berbagai Fasilitas Publik di Pantai Pangandaran Terbaru

Fasilitas publik di pantai Pandanaran sudah mulai dikembangkan oleh pemerintah mulai dari Rancangan anggaran pemerintah daerah Pangandaran di tahun 2014. APBD Pangandaran ini berfokus pada pembangunan berbagai infrastruktur jalan salah satunya jalan menuju Pantai di Pangandaran.

Pangandaran masuk dalam kawasan strategis provinsi, sekaligus juga menjadi kawasan strategis nasional. Panorama alam dan juga potensi wisata alam di Pangandaran sudah terkenal sampai ke luar negeri hal ini bisa meningkatkan nilai tambah bagi DOB yang baru tumbuh dengan dukungan dari sarana dan prasarana yang ada.

Fasilitas Layanan Publikdi Pantai Pangandaran

Perbaiki sektor pariwisata yang dilakukan seperti yang dimuat pada halaman harapanrakyat.com meliputi penataan destinasi wisata, penataan penjual kaki lima di area pantai dengan membangun kios untuk PKL, penataan lahan parkir, peningkatan sarana dan prasarana serta penambahan fasilitas umum yang ada di objek wisata.

Di tahun 2019 Disparbud atau dinas pariwisata dan kebudayaan Pangandaran targetkan peningkatan PAD atau penerimaan anggaran daerah sektor pariwisata setelah proses penataan pantai dan penambahan fasilitas publik di Pantai Pangandaran yang telah dilakukan sejak 2017 lalu. Peningkatan wisatawan yang datang ke Pantai Pangandaran diharapkan bisa meningkatkan PAD di sektor wisata.

Penataan Pantai Pangandaran telah menghabiskan dana sampai miliaran rupiah. Desain penataan pantai dibuat layaknya pantai yang ada di Hawai untuk menarik wisatawan.

Fasilitas umum baru di Pantai Pandangaran yaitu adanya jalur pejalan kaki atau pedestrian. Ruang publik yang bisa memberikan kenyamanan wisatawan. Fasilitas toilet dengan penggunaan septic tank biofil dan sistem sanitasi sudah menggunakan inovasi terbaru dalam rangka untuk mewujudkan objek wisata yang ramah lingkungan.

  1. Jalur pedestrian

Jalur pejalan kaki atau pedestrian merupakan fasilitas umum di Pantai Pangandaran yang menghubungkan satu titik di lokasi objek wisata ke titik lain yang berada di Pantai Pangandaran. Letak jalur pedestrian berada di taman pantai.

  1. Ruang publik yang nyaman

Proses penataan Pantai Pangandaran membangun ruang publik yang nyaman untuk pengunjung. Nyaman digunakan, nyaman berada di Pantai dan aman dengan adanya polisi pantai.

  1. Polisi pantai

Polisi pantai diturunkan oleh Polres Ciamis untuk menjaga keamanan di Pantai Pangandaran. Polisi pantai ini dilengkapi dengansarana dan prasarana seperti sepeda motor, sepeda dan dua ekor kuda untuk kegiatan patroli pengamanan.

  1. Septic tank biofil

Toilet di Pantai Pangandaran telah menggunakan teknologi septic tank bio yang tidak akan mengeluarkan bau kotoran sehingga tidak menimbulkan polusi bau. Penggunaan septic tank biofil ini juga upaya untuk membuat ruang publik yang lebih nyaman.

  1. Pembangunan jalan

Pembangunan jalan pesisir Pantai Pangandaran menjadi salah fasilitas untuk menghubungkan pantai satu ke pantai lain yang ada di Pangandaran. Infrastruktur jalan yang terus diperbaiki oleh pemerintah daerah ini menjadi salah satu konsen pemerintah dalam mewujudkan pariwisata pantai berskala internasional.

Pemerintah Pangandaran saat ini terus melakukan perbaikan fasilitas publik di Pantai Pangandaran dengan mengalokasikan dana untuk pembangun 11 titik lokasi wisata dari pantai barat sampai timur di Pangandaran.

Konsep penataan pantai mengacu pada standar indikator global sustainabletourismcouncil. Standar ini memiliki arti bahwasanya penataan pantai harus memiliki fasilitas publik lengkap yang mampu memberikan kenyamanan untuk wisatawan yang datang.

Fasilitas baru yang akan ditambahkan seperti menara lifeguard, gazebo, shower di kamar mandi, berbagai tempat duduk, skywalk, panggung pertunjukan, gerbang dan adventurePlayground.Berbagai fasilitas baru yang dikerjakan oleh PT Bahana Prima Nusantara akan selesai dalam waktu 120 hari kerja. Jika sesuai kalender proyek akan selesai pada 10 Desember 2019 nanti.

Pembangunan fasilitas baru ini akan bisa dinikmati oleh pengunjung di  event liburan Natal dan tahun baru. Setelah proyek penataan Pantai Pangandaran selesai diharapkan bisa meningkatkan pendapatan daerah.

Sebagai penunjang dari fasilitas publik di Pantai Pangandaran berbagai pihak juga turut melakukan pembenahan. Salah satunya UKM yang ada. UMKM bekerjasama dengan SBM ITB mengeluarkan website sebagai platform digital yang memuat informasi seputar produk dan kontak pemesanannya untuk menarik hati pembeli potensial.

Like and Share ya 🙂

shares