home Others Cara Menghilangkan Komedo Hitam Membandel

Cara Menghilangkan Komedo Hitam Membandel

Komedo acap kali menjadi masalah yang cukup mengganggu sebagian besar orang. Pasalnya komedo juga menjadi penyebab munculnya jerawat dan bekas jerawat juga membutuhkan banyak waktu agar memudar. Meskipun ada banyak sekali cara menghilangkan komedo, Anda tidak boleh asal dan sembarangan. Di bawah ini ada beberapa cara yang bisa dicoba.

  1. Pakai Obat Bebas

Sebenarnya banyak obat jerawat atau obat komedo yang dijual di apotek. Mulai dengan obat-obatan bebas, misalnya krim dengan kandungan bahan berupa asam salisilat, benzoyl peroxide serta resorsinol. Obat-obatan ini bekerja untuk membunuh bakteri, minyak berlebih bisa kering, dan memaksa kulit agar melepaskan sel-sel kulit yang sudah mati.

Namun apabila timbul reaksi alergi maupun iritasi di kulit misalnya kemerahan, gatal, perih, dan luka, akan sangat disarankan bagi Anda untuk menghentikan penggunaan kemudian segera konsultasikan ke dokter dan bisa menggunakan obat sesuai dengan resep dokter.

  1. Gunakan Resep dari Dokter agar Lebih Aman

Dokter mungkin akan menyarankan supaya Anda memakai obat dengan resep lebih kuat jika obat bebas memang efektif. Kemungkinan dokter juga akan memberikan obat-obatan yang mana mengandung vitamin A sebagai cara untuk mencegah penyumbatan pada folikel rambut dan mendorong  proses pergantian sel-sel kulit jadi lebih cepat.

Dokter pun dapat meresepkan Anda untuk memakai obat topikal jenis yang lainnya. Obat ini umumnya mengandung benzoyl peroxide serta kandungan antibiotik, di mana akan disesuaikan dengan kondisi komedo hitam Anda. Dengan berkonsultasi bersama dokter Anda akan mendapatkan cara yang tepat dan tentunya aman.

  1. Hindari Pemakaian Produk Pengelupas Kulit

Menggunakan produk yang mana dapat mengelupaskan sel-sel mati kulit mungkin saja memang berguna sebagai cara menghilangkan komedo jenis hitam. Hanya saja, lebih baik hindari penggunaan produk satu yang mana sifatnya ultra-abrasif, terutama apabila Anda memiliki kulit jenis sensitif.

Penggunaan produk sabun pembersih yang dapat mengelupaskan kulit dapat mengakibatkan iritasi ke kulit bahkan bisa menyebabkan komedo semakin  parah. Salah satu tanda dari produk pengelupas yang sifatnya ultra-abrasif yakni akan menimbulkan rasa perih ketika digunakan. Penggunaan pengelupas kulit atau sebaiknya bisa digunakan dengan adanya anjuran dokter.

  1. Terapi Laser

Cara terakhir yang dapat Anda gunakan agar komedo hitam hilang adalah dengan terapi laser. Terapi menggunakan sinar  kuat ini dapat mengurangi produksi dari minyak serta membunuh bakteri. Terapi laser juga bisa mencapai bagian bawah permukaan kulit agar bisa mengobati komedo serta jerawat tanpa harus merusak lapisan kulit pada bagian atas.

Jika Anda masih bingung dengan cara menghilangkan komedo hitam mungkin beberapa cara di atas bisa dicoba. Namun jauh lebih baik lagi jika Anda sudah berkonsultasi bersama dokter sehingga bisa memperoleh jawaban yang terbaik untuk penanganan komedo jenis hitam.

Like and Share ya 🙂

shares