home Kesehatan Cek Kondisi Tubuh dengan Pemeriksaan Endoskopi

Cek Kondisi Tubuh dengan Pemeriksaan Endoskopi

Jika berbicara mengenai pemeriksaan yang ada dalam dunia medis pasti ada banyak sekali, baik organ dalam ataupun luar. Salah satu yang cukup dikenal adalah pemeriksaan endoskopi dimana itu merupakan cara atau prosedur yang dilakukan oleh pihak medis untuk bisa melihat organ tertentu. Penggunaan alat khusus ada dalam tahapan ini kemudian dimasukkan dalam tubuh, cara ini akan memberikan kemudahan untuk para dokter untuk memeriksa bagian tubuh pasien. Dengan begitu cara pengobatan yang bisa dilakukan juga lebih mudah dan tepat.

Meskipun sudah terlihat sehat dari luar tetapi dalam kenyataannya setelah diperiksa banyak masalah yang tidak diketahui. Masalah itu hanya memberikan tanda atau indikasi yang pada beberapa orang juga tidak disadari baik. Inilah kenapa para dokter bisa menggunakan pemeriksaan bagian dalam seperti saluran pencernaan, saluran kemih sampai dengan bagian rahim. Jadi tujuan dari pemeriksaan itu sendiri adalah untuk mendiagnostik ataupun fase penyembuhan pada penyakit yang sedang diderita. Lokasi deteksi yang ada dalam tubuh akan lebih mudah karena menggunakan alat khusus dalam prosesnya.

Apakah semua pemeriksaan atau masalah penyakit bisa diatasi dengan melakukan pemeriksaan tersebut? Tidak, umumnya para dokter menyarankan pasien melakukan pemeriksaan dalam tersebut untuk beberapa keluhan seperti:

  • Gangguan saluran cerna.

Hal ini sering dikeluhkan, dimana ada pada bagian tungkak lambung, sulit menelan, penyakit asam lambung, penyakit radang usus, radang pankreas, batu empedu, sembelit sampai dengan yang tidak kalah sering adanya pendarahan pada bagian saluran cerna.

  • Gangguan saluran kemih.

Tidak berbeda dengan sebelumnya, masalah yang satu ini juga sering disarankan melakukan endoskopi pada pasien di Indonesia. Masalah tersebut bisa meliputi batu saluran kemih, tumor kandung kemih, kencing berdarah, cedera, atau luka pada bagian saluran kemih.

  • Gangguan saluran nafas.

Untuk masalah yang satu ini bisa meliputi banyak hal seperti mengalami batuk berdahak, batuk kronis, hambatan jalannya nafas, sesak nafas, tumor yang ada pada paru, sampai dengan adanya benda asing pada bagian saluran nafas.

  • Gangguan reproduksi.

Selain beberapa diatas, Anda perlu paham juga mengenai gangguan reproduksi yang dialami oleh beberapa pasien. Ya, masalah yang satu ini meliputi banyak seperti adanya pendarahan pada bagian vagina, radang panggul, sering mengalami keguguran, infertilitas, kista rahim, kanker rahim sampai dengan masalah kelainan bentuk pada rahim.

Selain dengan melakukan pemeriksaan pada bagian dalam tubuh, umumnya dokter juga melakukan usaha atau tindakan lainnya untuk menghentikan masalah yang terjadi. Seperti yang telah dikatakan diatas jika ada banyak sekali masalah yang perlu penanganan dalam medis, begitupun pihak kedokteran ada banyak cara yang bisa dilakukan. Selain mengenai gangguan yang perlu pemeriksaan tersebut, Anda perlu paham juga jika pemeriksaan pada bagian dalam itu mempunyai banyak jenis seperti artroskopi, ERCP, gastroskopi,kolonoskopi, laparoskopi, laringoskopi, sistoskopi dan masih banyak lagi lainnya.

Sebagai dokter ahli yang melakukan pemeriksaan pada pasien dengan masalah cukup berat, tidak bisa sembarangan. Artinya ada beberapa prosedur atau tahapan yang perlu untuk dipahami terlebih dahulu sebelum semuanya dilakukan. Hal itu atas analisa yang baik supaya penanganan lebih tepat dan melakukan prosedur endoskopi juga tepat. Setelah pemeriksaan tersebut dilakukan, ada tahapan lain yang perlu dilakukan untuk membuat kesembuhan secara sempurna pada pasien. Nah, bagaimana sudah paham seperti apa pemeriksaan bagian dalam tubuh tersebut? Semoga bermanfaat.

Like and Share ya 🙂

shares