home Kesehatan Jenis Bumbu Dapur yang Bisa Dijadikan Obat Cacing Anak

Jenis Bumbu Dapur yang Bisa Dijadikan Obat Cacing Anak

Cacingan merupakan salah satu jenis penyakit yang kerap dialami oleh anak-anak balita. Hal ini disebabkan karena sang buah hati kurang menjaga kebersihannya. Gejala penyakit cacingan bisa dilihat ketika ada rasa gatal yang terjadi pada bagian anus yang disebabkan oleh cacing kremi. Saat si kecil cacingan, jangan takut, bumbu dapur ini dapat dijadikan sebagai obat caing anak.

Bawang Putih

Ternyata bawang putih merupakan bumbu dapur yang bisa dimanfaatkan sebagai obat cacing anak. Pasalnya bawang putih memiliki asam amino yang mengandung sulfur dan dapat membunuh parasit dalam tubuh.

Cara mengobati cacingan dengan menggunakan bawang putih terbilang cukup mudah. Anda hanya perlu menyuruh si kecil untuk mengonsumsi 3 siung bawang putih dalam keadaan perut kosong. Hal ini dapat bermanfaat untuk membantu membunuh cacing dalam tubuh si kecil.

Apabila si kecil terlalu sulit untuk mengonsumsi bawang putih mentah, Anda bisa menambahkan 2 siung bawang putih ke dalam susunya. Namun sebelum itu, pastikan bahwa bawang putih tersebut sudah direbus dan dihancurkan terlebih dahulu ya.

Cengkeh

Ternyata cengkeh tak hanya efektif untuk mengobati cacingan pada si kecil. Namun juga bermanfaat untuk mencegah serangan berikutnya yang mungkin terjadi ketika si kecil mengalami cacingan.

Cara menggunakan cengkeh sebagai obat cacing untuk si kecil cukup mudah. Anda hanya perlu menambahkan 1 sendok teh cengkeh ke dalam secangkir air. kemudian panaskan, dan tunggulah hingga mendidih selama kurang lebih 20 menit. biarkan si kecil mengonsumsi ramuan ini selama kurang lebih 2 kali dalam seminggu agar terhindar dari cacingan.

Pepaya Mentah

Anda juga bisa memanfaatkan biji pepaya mentah untuk mengusir cacing dalam tubuh si kecil. bagaimana caranya? Anda hanya perlu mengambil satu sendok makan biji pepaya mentah kemudian campurkan ke dalam satu gelas air hangat. Biarkan si kecil mengonsumsi ramuan ini 3 kali sehari selama tiga hari berturut-turut.

Selain itu, Anda juga bisa mencampurkan satu sendok makan pepaya mentah ke dalam satu sendok makan madu yang dicampurkan ke dalam susu ataupun air hangat. Pastikan si kecil meminum minuman ini dalam keadaan perut kosong. Hal ini sangat efektif untuk membantu menghilangkan cacing usus dalam tubuh.

Kunyit

Kunyit merupakan salah satu jenis bumbu dapur yang mengandung antiseptik internal dan bermanfaat untuk menghilangkan semua jenis usus dalam tubuh. Anda bisa mencampurkan satu sendok makan kunyit bubuk ke dalam satu gelas air hangat. Biarkan si kecil mengonsumsi larutan yang satu ini selama satu minggu berturut-turut untuk menghilangkan cacing dalam usus.

Itulah beberapa jenis bumbu dapur yang bisa Anda manfaatkan sebagai obat cacing anak. Bagaimana Anda sudah tidak merasa bingung lagi bukan bagaimana cara mengobati anak yang cacingan. Selain itu mengobati anak cacingan dengan menggunakan bahan alami juga dirasa lebih aman untuk dilakukan.

Like and Share ya 🙂

shares