home Kesehatan Mengintip Layanan Unggulan RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo

Mengintip Layanan Unggulan RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo

Rumah sakit dr. Cipto Mangunkusumo merupakan salah satu rumah sakit yang populer di Jakarta. Termasuk salah satu dari rumah sakit yang telah lama memberikan pelayanan kesehatan untuk masyarakat Indonesia bahkan sejak zaman pendudukan Belanda. Saat ini nama rumah sakit Dr. Cipto Mangunkusumo telah diubah menjadi RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo karena dijadikan rujukan nasional untuk pelayanan sebagai rumah sakit umum. Sebagai rujukan nasional, tentu saja berbagai layanan dan fasilitas dimiliki oleh RSUPN ini. Apa saja jenis layanan unggulan yang dapat membantu rumah sakit memberikan pelayanan kesehatan terbaik? Ini dia sebagian daftarnya.

  • Unit Pelayanan Jantung Terpadu.

Dikenal dengan sebutan PJT RSCM, ditujukan untuk memberikan pelayanan bagi masyarakat umum yang memiliki masalah dengan kerja jantung dan pembuluh darah. sebagai rumah sakit rujukan nasional PJT berupaya untuk menciptakan sebuah sistem pelayanan kardiovaskular yang terpadu. Memiliki kapasitas 8 poliklinik jantung, 42 ruang rawat jantung, 7 ruang cardiac ICU, 2 kamar operasi dan 2 lab kateterisasi PJT telah mampu menambah fasilitas pelayanan kesehatan jantung yang efektif. Di uNit Pelayanan Jantung Terpadu ini juga memiliki pelayanan unggulan seperti CRT, EP + ablasi, Tindakan intervensi kardiologi anak dan gagal jantung.

  • Unit Pelayanan Onkologi dan Radiasi.

Memberikan pelayanan radioterapi bagi pasien kanker dan mendampingi mereka selama melakukan perawatan yang dibutuhkan. Dengan fasilitas yang lengkap dan mumpuni, unit pelayanan onkologi dan radiasi memiliki tujuan untuk dapat memberikan layanan radiasi bagi pasien tanpa antrian. Hingga saat ini unit bukan hanya dapat dimanfaatkan untuk pasien sendiri saja namun juga bagi pasien rumah sakit lain yang dirujuk untuk mendapatkan radiologi cepat dan tepat.

  • Transplantasi ginjal.

Ginjal merupakan organ yang penting untuk menyaring darah dan membuang racun serta kotoran melalui urine. Saat terjadi kasus gagal ginjal, maka salah satu atau kedua ginjal tak bisa berfungsi maksimal yang membuat pasien harus melakukan cuci darah 2 kali seminggu. Kondisi ini tentu sangat menurunkan mutu hidup pasien sehingga transplantasi ginjal menjadi alternatif yang dapat diperhatikan. Biaya untuk melakukannya cukup besar sekitar Rp. 350 ratus juta namun dapat memberikan kualitas hidup yang jauh lebih baik dari pasien hemodialisa.

  • Transplantasi hati.

Transplantasi hati dilakukan bagi pasien yang memiliki kondisi hati sakit untuk digantikan dengan sebagian organ hati dari pendonor. Hati dapat menjadi sakit akibat virus hepatitis, penyakit autoimun dan keganasan lainnya. Sebelum melakukan transplantasi tentu saja harus ada pendonor yang cocok dan bersedia untuk sebagian hatinya diambil dan didonorkan.

  • Departemen medik mata.

Departemen medik mata memberikan pelayanan bagi pasien mata dan memberikan pendidikan bagi calon dokter mata baru di Indonesia. Ada beberapa jenis penyakit yang menjadi fokus utama sebagai penyebab kebutaan terbesar di Indonesia yaitu Glaukoma, Katarak, gangguan Vitreoretina, dan infeksi.

RSUPN dr. Cipto Mangunkusumo masih memiliki beberapa fasilitas dan layanan unggulan lainnya yang dapat Anda andalkan untuk mendapatkan perawatan kesehatan yang dibutuhkan. Sebagai rumah sakit rujukan nasional, RSUPN menerima rujukan pasien dari berbagai rumah sakit daerah agar pasien memiliki kesempatan mendapatkan pelayanan kesehatan yang maksimal. Selain itu rumah sakit juga merupakan rumah sakit pendidikan yang bekerjasama dengan Universitas Indonesia dan lainnya untuk mencetak tenaga kesehatan baru yang kompeten dan profesional di bidangnya. Bagi Anda pasien rujukan yang ingin mendapatkan informasi lebih lengkap, dapat mengunjungi situs websitenya secara online.

Like and Share ya 🙂

shares