home Others Rahasia Kehebatan Data Center Google yang Fantastis

Rahasia Kehebatan Data Center Google yang Fantastis

Sebuah mesin pencari yaitu Google, punya data center khusus untuk menjamin penyimpanan data dan akses data yang dilakukan orang di seluruh dunia. Data center Google sengaja didesain sedemikian rupa karena membutuhkan banyak ruang dan keamanan khusus dalam pengelolaan data. Penasaran? Inilah rahasia kehebatan pusat data Google yang fantastis.

Data Center Sebesar Container

Siapa yang tak pernah akses Google? Di era milenial sekarang ini, pasti Anda akan mengakses Google. Bukan saja karena keinginan, tetapi sudah menjadi sebuah kebutuhan. Banyak hal yang bisa diakses lewat Google karena menyediakan berbagai informasi serta sistem akses ke berbagai hal (Gmail, YouTube, dll).

Karena banyak data yang disimpan, Google membutuhkan penyimpan data yang berkapasitas besar. Pusat data milik Google yang sebesar container merupakan bentuk persiapan yang dilakukan Google mengingat banyaknya data yang harus disimpan dan dikelola.

Shipping container berukuran standar 1AAA dengan kapasitas 1160 server adalah media penyimpanan data Google yang terpusat dan diharapkan mampu menyimpan data yang tentu bertambah dari waktu ke waktu. Pusat data yang memadai ini memang milik Google sendiri dan mesinnya stand by aktif menyediakan kesempatan akses oleh orang di seluruh dunia.

Mempunyai Server Khusus

Bayangkan saja apabila mesin penyimpan data Google mati dalam satu detik saja, tentu akan terjadi keterlambatan akses yang dipengaruhi oleh hal tersebut. Banyak sistem informasi di seluruh dunia yang mengalami gangguan. Akses ke berbagai akun media sosial juga terkendala. Mengingat semua itu, pusat data Google diciptakan dengan server khusus.

Kebutuhan Anda terhadap Google sebagai mesin pencari andalan akan terpenuhi apabila data-data Google tersimpan dengan baik. Server yang didesain Google mempunyai ketebalan 3,5 inci 2U yaitu tersedia 2 rak unit. Setiap server tersebut menggunakan 2 prosesor, 2 hard drive, dan 8 slot memori yang dipasang pada motherboard yang sudah didesain Gigabyte.

Prosesornya menggunakan x86 dari AMD ataupun Intel. Konsumsi daya pada data center Google bisa mencapai 250 kilowatts. Capaian pemakaian daya ini sudah diperhitungkan sebagai dasar dalam penentuan komponen penyusun spesifikasi semua mesin yang terlibat dalam rangkaian pengelola data ini.

Menerapkan Efisiensi Energi

Banyaknya data yang harus dikelola oleh Google menyebabkan kapasitas ruangan penyimpanan yang sangat besar. Ruang penyimpanan juga dipertimbangkan luasnya agar tidak terlalu sempit dengan memberikan ruang di sela-sela mesin agar tersedia ruang pertukaran energi agar tidak terlalu panas.

Mesin yang bekerja secara terus menerus dengan jumlah data yang besar menyebabkan perlunya efisiensi energi yang dikeluarkan setiap mesin. Google sudah mengantisipasi pemborosan energi dengan sistem Environmental Protection. Bujet pengoperasian sistem kerja mesin bisa diminalisir dengan membangun power supply khusus di setiap server.

Hal ini akan mengefektifkan kerja sistem karena energi yang dikeluarkan tergantung pada setiap server. Jadi, power supply akan mengeluarkan energi sesuai dengan kapasitas pemakaian setiap server. Tentu saja akan ada penghematan biaya di sana.

Menggunakan Power Supply Khusus

Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa Google mempunyai power supply khusus untuk melakukan penghematan energi yang berdampak positif pada efisiensi pengeluaran anggaran. Power supply untuk setiap server yang dimaksud adalah berupa baterai. Setiap server dibekali dengan 12 volt baterai untuk mendukung mesin apabila terjadi persoalan pada pasokan listrik.

Pemakaian baterai tersebut mampu mengefektifkan pemakaian energi hingga 99,9%. Efisiensi menggunakan baterai tersebut lebih efisien dibandingkan menggunakan UPS raksasa yang efisiensi energinya hanya mencapai 95%.

Semua spesifikasi pusat data Google tersebut lebih canggih karena merupakan tuntutan untuk menyediakan kebutuhan banyak orang. Kemampuan akses datanya juga terhubung dengan baik. Data center Google harus dipastikan mampu menyediakan akses non stop kepada orang di seluruh dunia dengan banyak keperluan, seperti browsing, buka Gmail, dsb.

Like and Share ya 🙂

shares