home Parenting Tips Perawatan Kesehatan Bayi Yang Wajib Bunda Ketahui

Tips Perawatan Kesehatan Bayi Yang Wajib Bunda Ketahui

Mungkin kalian pernah mendengar sebuah lagu lawas yang berbunyi, “ Kasih ibu kepada beta, tak terhingga sepanjang masa “. Ya, hal itu memang benar adanya, bahwa kasih sayang seorang ibu kepada anaknya itu tidak akan pernah habis. Dengan demikian, maka tak heran jika setiap para ibu akan selalu memberikan yang terbaik untuk buah hatinya. Tanpa banyak panjang lebar lagi, inilah beberapa tips perawatan kesehatan pada bayi yang wajib bunda ketahui :

  1. Perawatan Rambut

Dalam hal ini sebaiknya bunda tidak mencuci rambut bayi setiap hari, dan menggunakan shampoo anak perawatan tubuh anak tidak perlu lebih dari beberapa kali dalam seminggu. Serta pelan-pelan pada saat menggunakan shampoo ke kulit kepala bayi. Karena kalau melakukan pijatan kulit kepala terlalu cepat bisa mengakibatkan folikel rambut stress dan bisa mempercepat kerontokan serta kerusakan pada rambut. Setelah itu sisir rambut bayi dengan menggunakan sikat berbulu halus atau menggunakan sisir dengan gigi jarang, sehingga tidak akan tersangkut atau menarik rambut bayi.

  1. Perawatan Kulit

Menjaga kebersihan pada kulit bayi merupakan hal yang sangat penting untuk selalu bunda perhatikan. Karena kulit merupakan tempat yang sangat rentan untuk dihinggapi oleh kuman dan bakteri. Oleh sebab itu bunda harus selalu mebersihkan klut bayi dengan cara memandikannya minimal 1 kali dalam sehari, karena bayi belum kuat dengan dingin.

Dalam penggunaan sabun mandi, gunaklanlah sabun mandi khusus bayi yang mengandung Pro-Vitamin B5 yang berfungsi untuk merawat kesehatan kulit bayi, menjaga kulit tetap halus, dan bisa memberikan rasa nyaman pada bayi. Selain itu supaya kulit bayi terjaga kelembapannya serta terhindar dari dihidrasi, bunda bisa menggunakan baby oil yang mengandung Vitamin E yang berfungsi untuk supaya kulit bayi tetap lembut, halus, dan terhindar dari lecet.

Itulah beberapa tips kesehatan pada bayi yang harus bunda lakukan sendiri di rumah. Dengan demikian, maka kesehatan tubuh si mungil akan senantiasa terjaga dengan baik.

Like and Share ya 🙂

shares